Jumat, 19 Juni 2015

Mukadimah


Fenomena cincin batu akik sedang marak di kalangan masyarakat. Tak peduli tua-muda atau pria-wanita bahkan anak-anak, mereka menjadikan batu akik sebagai perhiasan yang melingkar manis di jari-jarinya, hiasan seperti jam tangan atau pun berupa liontin kalung. disalah satu daerah diindonesia bahkan seorang Bupati mewajibkan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mengenakan batu akik. Instruksi ini untuk menunjukan potensi besar yang dimiliki daerah itu.


Tidak ketinggalan pula untuk didaerah solok selatan tempat saya di lahirkan dan dibesarkan ini, demam batu akik sangat terasa dan selain itu potensi daerah solok selatan ini bahkan adalah salah satu daerah yang sangat luar biasa karena dari daerah solok selatan ini lah salah satu batu akik terbaik indonesia berasal yaitu batu akik Jenis Kumbang Janti/Kumbang Jati dan juga tak kalah menarik nya ada lah Jenis Pucuk Pisang yang lebih di kenal dengan nama idocrase sungai dareh, selain itu berbagai jenis badar juga dihasilkan dari daerah solok selatan, sebut saja Badar Lumut, Balack Jade, Badar loreng yang lebih dikenal dengan Macan Kandi karena hanya ditemukan di daerah perairan / sungai Kandi yang merupakan salah satu sungai penghasil jenis batu akik mulia terbaik di solok selatan.


Apapun namanya yang terpenting adalah kita semua mengetahui begitu banyaknya potensi dari daerah solok selatan yang bisa di garap dan dikembangkan supaya bisa diketahui lebih dekat oleh seluruh kalangan yang ada khususnya untuk seluruh warga solok selatan dan umumnya seluruh warga di indonesia tercinta ini.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar